Status keamanan web


Terror-Alert.com

Jumat, 09 Januari 2009

Tips Mencari Jurusan buat Kuliah

Pada Perguruan Tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subjek mata kuliah yg diambil. Setiap jurusan mempunyai materi dan sifat pembelajaran yg berbeda2. Jurusan yg memiliki sifat yg serupa akan digabung dalam 1 fakultas.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yg mudah dan sepele. Banyak faktor yg hrs diperhitungkan dan dipikirkan masak2. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yg terlambat bhw jurusan yg diambil tdk sesuai dg kepribadian sampai pd drop out atau DO atau dikeluarkannya mahasiswa/mahasiswi karena dinyatakan tdk mampu mengikuti pendidikan yg diikuti. Maka dr itu pemilihan jurusan sedini mungkin hrs mulai dipertimbangkan. Salah pilihan jurusan mrpkn bencana dan kerugian yg besar bg anda di massa depan.

Cara memilih jurusan di perguruan tinggi :
  1. Menyesuaikan cita2 dan minat. Bagi yg telah memiliki cita2 tertentu maka lihatlah jurusan apa yg dapat membawa menuju profesi/pekerjaan yg diinginkan tsb. Janganlah memilih jurusan Teknik Geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan memilih jurusan sastra jika anda ingin menjadi polisi. Sesuaikan jurusan yg ingin anda ambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung2an janganlah mengambil jurusan Matematika dan apabila tidak menyukai menggambar janganlah memilih jurusan Teknik Sipil. Lihatlah bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yg sdh ada disertai dg rasa suka pada suatu jurusan study akan menjadi pilihan yg tepat.
  2. InfOrmasi yg sempurna. Carilah informasi yg banyak sebagai pertimbangan anda dalam memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, teman sekolah, teman mahasiswa, guru, bimbingan belajar, bimbingan konseling sekolah, tetangga, saudara, konsultan pendidikan, dll. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yg kurang menguasai informasi / ikut trend / ikut2an teman. Internet juga merupakan 1 media yg sangat tepat utk mencari informasi. Cari situs forum atau chatting lewat messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua info dapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.
  3. Lokasi dan biaya. Jika dana yg ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yg memiliki biaya hidup rendah. Pilih juga tempat kuliah dengan biaya pendidikan yg tdk terlalu tinggi. Jika dana yg ada belum mencukupi maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu untuk mencukupi kebutuhan anda. Jangan jadikan uang sebagai faktor penghambat masa depan anda.
  4. Daya tampung jurusan / peluang diterima. Perhatikan daya tampung suatu jurusan PTN / PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yg terbatas dan diperebutkan banyak orang. Jangan membebani anda dengan target satu jurusan favorit. Anda bisa stress jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya. Ukur kemampuan anda untuk melihat sejauh mana peluang anda untuk menempati jurusan tersebut. Pelajari soal2 seleksi dan ikuti try out utk percobaan. Namun apabila hasilnya tidak memuaskan, jangan tll minder dan teruslah berusaha. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yg dpt dipilih, pilih salah 1 jurusan / tmpt yg anda cita2kan dan 1 jurusan lain atau lokasi lain yg sesuai / sedikit di bawah kemampuan anda.
  5. Masa depan karir dan pekerjaan. Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yg anda ambil dapat mengantar anda untuk memperoleh pekerjaan dan karir yg baik??

Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yg anda percaya. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda.

Selamat berjuang

0 komentar: