Status keamanan web


Terror-Alert.com

Kamis, 29 Januari 2009

JOHN MYUNG THE HEROES


buat yang ngaku bassist, nama John Myung mungkin jadi satu dari sekian banyak bassist yang kamu jadiin idola. gak ada yang nebak kalo cowo keturunan Korea ini suatu hari bakal jadi salah satu musisi yang ngediriin band progresive rock terkenal di dunia bernama Dream Theater. Bassist yang lahir di Kings Park, Long Island, New York pada tanggal 24 Januari 1967 dengan nama asli John Ryo Myung gede dalam keluarga pecinta musik. dari kecil dia dicekokin musik klasik terus sama bokapnya. gak pake dipaksa akhirnya pada umur 5 tahun dia ambil kursus biola.


ada cerita lucu tentang awal ketertarikan John Myung pada instrumen bass. pas umur 15 tahun, tetangganya ngenalin sama bas supaya bisa jadi pemain bas di band tetangganya tersebut. Myung sih oke2 aja karna dia pikir main bas gak jauh beda sama biola. gak lain karna bas punya jumlah senar yang sama kaya biola dan berpikir dia bakalan cepet bisa mainin alat musik itu. gara2 tetangganya itulah setiap hari John Myung ngebetot bas tiap hari, malah biola yang jadi instrumen pertama yang dia kuasai akhirnya ditinggalin. lulus SMA Myung ngelanjutin sekolahnya di Berklee College of Music bareng sohib kentalnya John Petrucci. di situ mereka ketemu sama drummer masa depan band mereka, Mike Portnoy. sebelum Dream Theater terbentuk mereka membentuk band bareng keyboardist Kevin Moore dan vokalis Christ Collins. formasi inilah yang kemudian menjelma dadi Dream Theater.


walaupun fokus bermain musiknya adalah Dream Theater, cowo sipit ini punya beberapa side job band. yang pertama adalah band progresive rock bernama Platypus. di band ini dia bergabung bareng Rod Morgenstein, Ty Tabor,dan sohib mantan anggota Dream Theater juga yang namanya Derek Sherinian. dan yang kedua Myung jugan gabung sama band bernama Jelly Jam. band ini punya anggota yang sama kaya Platypus. cuma Derek Sherinian aja yang gak gabung di sini. kalo ngomongin referensi dan idola bermusiknya Myung ngfans banget sama Chris Squire, Geddy Lee dan Clift Burton. dia juga respect bgt sama band yes, iron maiden, rush dan metalica.

Myung juga terkenal kompak berat sama temen2 bandnya bahkan untuk urusan nyari bini sekalipun. dia ngawinin Lisa Marten Pace yang juga jadi pemain bass di band Meanstreak. personil Meanstreak yang lain yaitu Rena Sands dan Marlene Apuzzo juga merit sama duo personil Dream Theater yang lain yaitu John Petrucci dan Mike Portnoy. Wuiihh..

Myung punya reputasi jadi cowo paling misterius dalam formasi Dream Theater, apalagi kalo dibandingin sama Mike Portnoy. ini gak lain karena dia punya sifat kalem dan irit ngomong. beruntung banget deh klo bisa dengerin suara n senyumnya. diantara sekian banyak fansnya, mungkin lebih banyak yang denger suara Myung ngomong pas lagi nonton dvd lesson atawa pas dia lagi coaching klinik bass. bassist asia ini juga terkenal ketat dalam melatih diri dalam ngebetot bas. Derek Sherinian ngomong sendiri kalo Myung selalu nglakuin pemanasan dulu sebelum dan sesudah manggung. John Petrucci juga ngomong kalo Myung yang ngusuluin latihan minimal 6 jam sehari waktu dulu sekolah di Berklee..

0 komentar: